Istilah Hacker dimulai sekitar awal tahun 1960 di MIT (Massacusetts Institute of Technology), sebuah Universitas Di Amerika. Semua berawal ketika sekelompok mahasiswa cerdas di sana berhasil membuat program komputer yang lebih baik dari yang dirancang bersama pada saat itu. Dengan kata lain istilah Hacker pada awalnya bermakna positif yang artinya orang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer. Seiring waktu berjalan, analogi Hacker bergeser ke makna negatif setelah pada tahun 1983 , FBI berhasil menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang bermarkas di Milwaukee AS. Kelompok tersebut kemudian disebut Hacker dan dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan dan Laboratorium Nasional Los Alamos, ditambah pada periode berikutnya, mulai bermunculan orang-orang yang mengklaim sebagai Hacker padal bukan (baca: Cracker). Mereka membobol sistem komputer dan mengakali telepon (phreaking).

Pengertian :
  • Hacker adalah sebutan bagi orang-orang yang memberikan kontribusi positif terhadap dunia komputer, cenderung menjaga system komputer dan jaringan internet ketimbang merusaknya.
  • Cracker adalah kebalikan dari Hacker, sebutan bagi orang-orang yang bermaksud jahat dengan berusaha masuk ke system komputer orang lain dengan model dipaksa dirusak, dibobol untuk mengacak-acak data di dalam komputer tersebut.
(NB : Capek, Lain kali dilanjutin Yah!!!)


Related Posts by Categories



Related Posts by Categories



Comments (0)

Artikel Populer :